Jan 12, 2010

* SIRI' NA PESSE'

*******
Apakah pengertiannya……………..?
alangkah baiknya untuk meletakkan pada dua pokok tata cara pandang apakah sebagai sebuah kata sifat dan kata kerja atau pengertian sebagai sifat moral dari sebuah konsep ADE (adat)

Ya anggap saja CINTA …….satu kata penuh makna…Cindolo Na Tape …he..he..he…


“SIRI” = MALU artinya udah jelas kan....? merupakan kata sifat dan bila ditambah awalan dan akhiran menjadi kata sifat sebuah benda contoh “MASIRIKA” = “SAYA MALU” yang berarti seseorang ( benda ) memiliki rasa malu. namun bila sudah menjadi sebuah sifat moral dari sebuah konsep ADE (adat) memiliki makna yg mendalam.

‘PESSE’’ = “TEKAN” yaitu sebuah kata kerja yang memiliki makna apabila seiring dengan adanya perbuatan. Tanpa adanya perbuatan makna kata kerjanya pun hilang. Namun dalam bila sudah menjadi konsep ADE memilki makna yang mendalam dan tetapa juga seiring adanya perbuatan ( GAUKENG ).

Mari kita lihat SIRI dan PESSE sebagai konsep moral dari sebuah ADE

Pengertian SIRI tidak terlalu jauh tetap dikatakan sebuah kata sifat yaitu sifat MALU. Terserah pengertian SIRI ini mau di implementasikan kemana aja sudah tetap merupakan kata sifat. Karena adanya SIRI sebagai sifat dasar membuat kita akan melakukan apapun yang terbaik buat kita sehingga pengertian SIRI itu tercermin sebagai sebuah sifat yang menonjol selama ini dalam masyarakat SULSELBAR. ( sepertinya udah tau kan…he..he..he..malu mi seng klo tidak ada jie candoleng-doleng di acara perkawinan )

Pengertian PESSE ??????????
Bahasa Bugis,Makksar,Toraya,Manda
r bisa dikatakan merupakan bahasa-bahasa yang memilki kosa kata sedikit di banding bahasa Indonesia dan ini membuat bahasa-bahasa yg berasal dari Sulselbar pada umumnya setiap kata memilki banyak arti.

Contoh saja sampai saat ini saya bingung klo ditanya apa Bahasa Bugisnya HARGA DIRI. ( berpikir mi seng apa mi itu…..)

PESSE akan menjadi sebuah kata sifat seiring adanya perbuatan yang mempengaruhinya dan PESSE juga bisa menjadi sebuah kata kerja seiring adanya sifat yang mempengaruhinya (Jadi bisa di balik-2 tonji tergantung kita mi….. ).

PESSE akan menjadi tekanan ( kata kerja ) untuk perubahan bila adanya benci ( 1 contoh saja kata sifat ) yang bisa membuat suatu seseorang/komunitas bisa berusaha lebih maju dari pengaruh sifat tindakan baik itu baik atau buruk. dan begitu sebaliknya PESSE akan menjadi sebuah benci ( kata sifat ) bila dipengaruhi oleh adanya tekanan ( kata kerja ) sehingga pencerminan akan dilihat pada sifat seseorang atau komunitis baik bersifat baik atau buruk untuk keluar dari tekanan atau tindakan ( kata kerja ) dari seseorang atau komunitas.

sooooo.. pengertian PESSE ini ji bisa kita lihat sejarah toh……..saling berperang mi dulu leluhur kita he…he..he…he……. sehingga PESSE secara perlahan menjadi sebuah sifat moral dalam konsep ADE yang dibarengi GAUKENG ……yg memilki arti lebih mendekat sebagai sebuah HARGA DIRI.

Jangan karena contoh sejarah mi ….. leluhur kita saling berperang …dan kita jadi berperang mi seng……
Yang penting bahwa adanya SIRI PESSE ….dapat di implementasikan sebagai dasar atau pedoman yang sudah tertanam di diri kita untuk memilki rasa MALU dan HARGA DIRI agar bisa lebih maju ..apalagi..yg sudah di perantauan SIRI PESSE sangat terlihat jelas banyak yang sukses. Namun karena pengertian yang salah mengenai SIRI PESSE ini juga kelihatan ….sediki-sediki berkelahi mi ki seng….he…he…he ………



Hanya numpang coret………dinding…….
Silahkan koreksi……. Selama tuk kebersamaan budaya SIRI PESSE agar lebih mengalir rasa MALU dan memilki HARGA DIRI ……………………………

Ewako……..
Mandreki Coto………
Labenni pabbalu putue…………

Wassalam…………………
Catatan ringan sambil menunggu download selesai..............

2 komentar:

zam akirash said...

siri na pesse
menurutkuew keg lain
siri' memang adalah rasa malu atau harga diri
sedsangkan pesse itu dalam bahasa indonesia adalah pedas atw dapat pula berart tekanan yg terungkap dalam redaksi penulis
pesse (pedas) merupakan watak orang bugis yang tegas dan keras serta tangguh layaknya sebuah efek pedas dari sebuah cabai merah..........
ehehhehhee
numpang coret juga

Passompe said...

Terima kasih :) Sudi mampir pada blog kami....
Iyye ..memang banyak aktulasasi dalm penerjemahan SIri-Pesse sehingga tergantung darimana seseorang melihatnya...
dan dari paparan Sdr Zam Akrash juga merupakan salah point yg dalm pengertian Siri Pesse.....

Tabe...
En silahkan tuk numpang corat coret heheheheehehe

Post a Comment