Nov 8, 2010

* “Intermezo” beberapa pesan atau nasehat dalam bahasa Bugis beserta terjemahannya

Makkeda tomatoa rioloe, nakko engka gau’ maelo mupogau’, tenna pujiwi napessumu, napujiwa tanggakmu pogau’i, mu engka ja’na, teccia ja’na, apa de’ pura-purai decenna toturusiengngi napessunna, sanngadinna si turui tangngana na patuju.

Nasehat orang tua dahulu, apabila ada sesuatu yang engkau akan kerjakan tetapi tak disukai oleh napsumu, tetapi disukai oleh pertimbanganmu maka laksanakanlah itu. Walaupun ada jeleknya bagaimana pun buruknya, sebab tidak ada habisnya kebaikan orang yang menuruti napsunya kecuali sesuai akal budinya .

****************

Makkeda tomatoa rioloe, eppa rupanna mappasala nawa-nawa, seuwani ele’e, madduanna tau, mattelunna teae, maeppanna macai, iyanaro patanrupa mappasala nawa-nawa mappasalai toi passu ada.

Nasehat orang tua dahulu; empat macamnya yang merupakan pikiran, pertama kehendak; kedua ketakutan; ketiga keengganan; keempat kemarahahan. Keempat macam itulah yang merusakkkan pikiran juga merusakkan kata-kata kita.





Makkeda tomatoa rioloe, narekko memmana’ko palempuri senna’I alemu, apa iyanaritu riasengngi gau’ maka’ namanai torimunrimmu narekko maja gau’ mu mupaccappurenni pappanngaja ana’mu; naia muasa napo gau’ majae pura makkunitu naelorengnge Allah Taala ri ana’mu.

Nasehat orang tua dahulu; apabila engkau telah mempunyai anak berlaku jujur;lah sebaik-baiknya; karena perbuatan untuk itu akan diwarisi oleh keturunanmu. Apabila jelek perbuatanmu engkau yang akan dijadikan panutan oleh anak-anakmu, Dan apabila engkau berlaku jujur; enkau perbaiki tingkah lakumu; engkau telah berikan nesehat tetapi anak-anakmu tetap melakukan perbuatan buruk maka hal itu sudah ketentuan Allah.

****************

Makkeda tomatoa rioloe, eppa ritu aju tabu, aja muaccoa-coa sanrewi; seuani aju tabu rennuangngi accana tennaengngeranni elo ullena Allah Taala;Madduana renuangngengi asugirenna; matelunna masempagai alena matandre; maeppana nasengngi alena towarani de’ nadapi’i. Iyanaro riaseng aju tabueppae uangenna.


Nasehat orang tua dahulu; ada empat macam kayu rapuh dan jangalah engkau jadikan panutan.; pertama orang yang mengandalkan kepintarannya tanpa mengingat akan kekuasaan Allah; kedua yang mengadalkan kekayaannya; ketiga membaggakan dirinya sebagai orang bangsawan; keempat yang menganggap dirinya sebagai orang berani padahal banyak hal yang belum dicapainya. Itulah yang disebut kayu rapuh yaitu orang yang tidak kuat dan tidak mampu memegang janji,amanah dan tidak tetap pendiriannya.


Pustaka :
-Wasiat-wasiat dalam lontara Bugis, Direktorat Jenderal Kebudayaan, DEPDIKBUD, September 1990, hal 39-40,45

0 komentar:

Post a Comment